Social Icons

Pages

Jumat, 17 Oktober 2014

Manfaat Hutan (2)


Hutan merupakan rangkaian kesatuan komponen yang utuh dan saling ketergantungan terhadap fungsi ekosistem di bumi. Kita tahu sendiri, hutan memiliki banyak manfaat untuk kepentingan manusia, seperti untuk cadangan air, menjaga iklim, sebagai tempat tinggal satwa-satwa, serta sebagai tempat rekreasi manusia.

Di bawah ini beberapa manfaat keberadaan hutan yang patut kita syukuri:
5. Hutan juga memiliki manfaat untuk mencegah banjir. Selama musim hujan, hutan dataran rendah membantu penyerapan air dan memperlambat aliran air, mencegah kerusakan tanah, properti dan bangunan.

6. Pohon merupakan bagian penting dari siklus air. Dengan membantu memperlambat arus, memungkinkan air untuk terserap ke dalam tanah. Hutan dapat melestarikan persediaan air tanah yang sangat berguna baik itu untuk manusia sebagai air minum, maupun untuk ikan dan kehidupan air lainnya di dekat sungai. Pohon juga membantu menahan tanah tetap pada tempatnya, mengurangi erosi oleh air dan angin.

7. Ketika pohon ditanam di kota-kota, mereka dapat membantu meringankan efek “pulau yang panas” dengan menyediakan naungan untuk rumah dan bangunan serta mengurangi penggunaan energi untuk pendingin udara di musim panas. Bila ditanam dengan strategis, mereka dapat memberikan hambatan angin yang efektif. Hutan besar juga berperan dalam pola cuaca, curah hujan dan iklim mikro.

8. Kawasan hutan lindung dan taman kota seringkali digunakan untuk menjadi ruang bagi bermacam kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga (hiking, bersepeda), bird-watching, rekreasi, pariwisata atau kegiatan pendidikan. Berjalan di hutan pun bisa menjadi sumber pembaruan spiritual bagi banyak orang, melalui suara angin yang melewati pepohonan, suara burung hantu, gemerisik hewan kecil atau daun kering yang bergesekan.
 
 
Blogger Templates