Social Icons

Pages

Jumat, 17 Oktober 2014

Mengenal Beberapa Jenis Penyakit Gangguan Mental (2)




- Alzheimer
Alzheimer bukan penyakit menular, melainkan sejenis sindrom sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Alzheimer juga sebagai penyakit yang sinonim dengan orang tua.  Ini pertama kali dijelaskan oleh psikiater Jerman dan neuropathologist Alois Alzheimer pada tahun 1906. Risiko untuk mengidap Alzheimer, meningkat seiring dengan pertambahan usia. Bermula pada usia 65 tahun, seseorang mempunyai risiko lima persen mengidap penyakit ini dan akan meningkat dua kali lipat setiap lima tahun. Menurutnya, sekalipun penyakit ini dikaitkan dengan orang tua, namun sejarah membuktikan bahawa pesakit pertama yang dikenal pasti menghidap penyakit ini ialah wanita dalam usia awal 50-an.

- Anoreksia nervosa
Anoreksia nervosa (AN) adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang. Pencitraan diri pada penderita AN dipengaruhi oleh pola penyimpangan dalam menilai suatu situasi dan memengaruhi cara seseorang dalam berpikir serta mengevaluasi tubuh dan makanannya.

- Bulimia Nervosa
Bulimia Nervosa adalah gangguan makan yang ditandai dengan makan berlebihan atau mengkonsumsi sejumlah besar makanan dalam waktu singkat diikuti dengan upaya untuk membebaskan diri dari makanan yang dikonsumsi (membersihkan), biasanya dengan memuntahkan, mengambil obat pencahar atau diuretik, dan olahraga berlebihan. Tindakan ini juga sering disertai dengan berpuasa selama jangka waktu. 
 
 
Blogger Templates