Social Icons

Pages

Jumat, 10 Oktober 2014

Bakso


Jika hujan turun atau ketika sedang pilek, mungkin banyak orang yang suka dengan makanan berkuah panas yang berisi bola-bola daging. Hmm..., makan bakso ketika hari sedang dingin atau kondisi sedang tidak enak, pasti akan terasa sangat menyegarkan. Tahukah kalian mengenai sejarah Bakso sendiri?

Bakso sebenarnya berasal dari Tiongkok. Kata Bak dari Bakso memiliki arti daging babi dan so berarti makanan. Jadi, dulu, sebenarnya bakso merupakan makanan yang diolah dari daging babi. Namun, karena sebagian besar orang Indonesia beragama Islam, maka Bakso yang dibuat di sini pun disesuaikan dan rata-rata terbuat dari daging sapi, ayam, atau bahkan ikan. Tapi, tidak semua menyebut makanan ini sebagai bakso, di Surabaya orang-orang menyebutnya Bakwan yaitu Bak = daging sedangkan Wan = bundar jadi daging bundar.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan diseluruh pelosok Indonesia, penjualnya mulai dari pedagang kaki lima sampai restoran besar, hebat ya. Daerah yang terkenal menjadi pusat bakso adalah Malang dan Solo. Sajian bakso di kedua kota ini pun agak berbeda. Bakso Malang biasanya disajikan dengan pangsit dan siomay, sedangkan untuk bakso dari Solo biasanya dihidangkan dengan bihun serta sayuran sawi hijau.

Proses pengolahan bakso tidak sulit. Daging sapi yang tidak banyak lemak dihaluskan dengan es batu lalu ditambahkan bumbu, telur dan tepung tapioka dan tinggal di bentuk bulat-bulat, bisa dengan cara tradisional atau bisa dengan mesin.
 
 
Blogger Templates