Social Icons

Pages

Rabu, 15 Oktober 2014

Jenis Hutan Menurut Fungsinya (1)



Hutan merupakan salah satu bentuk kehidupan yang tersebar di seluruh dunia. Di mana pun, kita bisa menemukan hutan dari kawasan topis sampai kawasan beriklim dingin, dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Menurut jenisnya, hutan terbagi menjadi beberapa bagian seperti hutan menurut fungsinya, berdasarkan jenis pohonnya, berdasarkan jenis terjadinya, berdasarkan Tempatnya, berdasarkan iklim, dan jenis hutan berdasarkan tujuannya.

Berdasarkan fungsinya, hutan terbagi menjadi beberapa macam, yaitu hutan lindung, hutan suaka alam, hutan wisata, dan hutan produksi. Hutan Lindung adalah hutan yang berfungsi menjaga kelestarian tanah dan tata air wilayah. Hutan Suaka alam adalah kawasan hutan yang diperuntukan secara khusus untuk perlindungan alam hayati atau manfaat-manfaat yang lainnya.

Hutan suaka alam terdiri dari Cagar alam dan Suaka margasatwa. Cagar Alami merupakan kawasan suaka alam yang mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa dan ekosistem tertentu secara alami yang perlu dilindungi dan perkembangannya. Suaka margasatwa adalah kawasan suaka alam yang mempunyai keanekaragaman jenis satwa di mana untuk kelangsungan hidup satwa-satwa tersebut dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.
 
 
Blogger Templates