Social Icons

Pages

Jumat, 17 Oktober 2014

Manfaat Hutan


Hutan merupakan rangkaian kesatuan komponen yang utuh dan saling ketergantungan terhadap fungsi ekosistem di bumi. Kita tahu sendiri, hutan memiliki banyak manfaat untuk kepentingan manusia, seperti untuk cadangan air, menjaga iklim, sebagai tempat tinggal satwa-satwa, serta sebagai tempat rekreasi manusia.

Di bawah ini beberapa manfaat keberadaan hutan yang patut kita syukuri:
1. Hutan menyerap dan memproses karbon dioksida menjadi oksigen, proses ini terjadi pada saat fotosintesis. Pohon yang tumbuh menyerap CO2 untk proses pembakaran yang kemudian akan diolah bersama unsur hara dari dalam tanah, yang membuat pohon bisa tumbuh dan hidup.

2. Tidak bisa dipungkiri, Hutan juga menjadi sumber pekerjaan dan matapencahariaan orang-orang. Para penebang kayu, pencari kayu bakar, pencari sayur atau bunga-bungaan hutan, obat-obatan, mereka menggantungkan hidupnya dari hasil hutan.

3. Hutan atau lebih tepatnya pohon berguna pula sebagai bahan baku furniture. Selama ini, bahan baku mebel terbuat dari kayu-kayu keras seperti kayu jati, kayu ulisn, dan yang lainnya. Kayu-kayu ini biasanya dipilih yang tua dan sekarang, kebanyakan pohon yang sudah tua hanya ada di hutan-hutan liar.

4. Hutan merupakan rumah bagi banyak satwa, dengan beberapa keanekaragaman hayati terkaya ditemukan di hutan tropis. Serangga dan cacing membantu siklus nutrisi tanah. Banyak spesies langka yang terancam punah, seperti orangutan, gorila dan panda, tergantung pada keberadaan hutan lindung.
 
 
Blogger Templates